Selasa, 25 Januari 2011

Rahsia burung hantu di malam yg gelap..

“Matahari terbenam, hari mulai malam. Terdengar bunyi burung hantu, suaranya merdu. Huhu…huhu…huhu…huhu…huhu.” Adik-adik yang pernah menonton kisah Harry Potter, pasti kenal Hedwig? YAH… itu adalah burung kesayangannya Harry.

Tapi, tau tidak apa burung hantu itu? Apa benar suaranya merdu? Apa benar tugas burung hantu adalah untuk menghantar surat?.
Burung hantu adalah burung yang tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. Suaranya tidak semerdu burung lain yang berkicau. Suaranya terdengar melengking kadang-kadang bersiul dan berteriak. Burung hantu bekerja mencari mangsa pada malam hari. Jadi bukanlah menghantar surat seperti yang diceritakan pada Harry Potter.

Jika Adik-adik pernah mendengar suara “uhu… uhu…” pada malam hari, maka saat itulah burung hantu keluar dari sarangnya dan mulai berburu.Burung hantu merupakan haiwan pemaging yang buas. Menurut ahli sains ada sekitar 222 spesies burung hantu di seluruh dunia. Sebanyak 26 spesies ditemukan di Asia Tenggara dan 13 diantaranya terdapat di Malaysia dan Indonesia. Tidak seperti jenis burung lainnya, burung hantu ini memiliki muka rata. Disebut rata karena burung hantu adalah satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Bukan dikiri-kanan seperti burung lain-lain. Selain itu, burung hantu memiliki kepala yang besar dan bulat, serta mata besar yang merenung tajam. Bulu-bulu burung hantu sangat halus dan ekornya pendek tapi burung hantu memiliki kuku-kuku yang sangat tajam , paruh yang mirip paruh burung helang, serta sayap yang lebarnya melebihi tiga kali lebar tubuhnya. Tapi, adik-adik jangan takut. Meski terlihat menyeramkan, burung hantu bukanlah hantu dan tidak mengganggu manusia.
Burung hantu tidak boleh memutar bola matanya. Sebagai gantinya, burung hantu boleh memutarkan lehernya hingga 180 darjah. Jadi, burung hantu akan memutarkan kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang dilihatnya. Nah, mungkin adik-adik bertanya, bagaimana burung hantu dapat melihat dan berburu dengan baik di tengah gelap malam?. Disinilah kekuasaan Tuhan. Burung hantu diberi keistimewaan untuk dapat melihat 100 kali lebih peka daripada manusia. Mata dan selaput keningnya sangat besar. Matanya lebih bundar dibanding burung-burung lain. Berkat keistimewaan itulah ia dapat melihat dan menangkap mangsanya dengan baik di malam hari.


Nah, ketika berburu di malam hari, burung hantu tidak akan
mengeluarkan suara. Burung hantu diberi kemampuan untuk dapat terbang tanpa mengeluarkan bunyi. Hal ini disebabkan sayap burung hantu yang halus seperti kapas. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan burung hantu kerana mangsa sasarannya tidak akan mengetahui kedatangannya. Makanya, kita hanya sesekali mendengar suara burung hantu. Biasanya burung hantu akan mengeluarkan bunyi “uhu..”nya apabila telah mendapatkan mangsanya.


Makanan burung hantu berupa binatang seperti serangga, katak, tikus dan lain-lain. Itu sebabnya burung hantu banyak bersarang di hutan yang memiliki banyak pepohon, di gurun, bahkan ada yang bersarang di tengah-tengah kawasan perkampungan...SEKIAN ADANYA.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan